Pada
pertemuan pelajaran kali ini masing – masing kelompok diminta untuk berbagi
pengalaman dengan kelompok lain. Dosen membagi kelompok – kelompok diskusi, 2
tim duduk berhadapan maksimal 6 orang. Kita saling berbagi pengalaman dengan
merekam cerita dari kelompok lain. Kita menanyakan :
1. Bagaimana kesan anda dengan sekolah tersebut?
2. Materi pelajaran apa yang akan digunakan?
3. Mengapa memilih materi tersebut?
4. Media apa yang sudah digunakan guru disekolah tersebut?
5. Seberapa jauh persiapan kalian untuk membuat sebuah media pembelajaran?
Setelah kita mendapatkan cerita dari kelompok lain, seanjutnya kita mengkaji materi yang sudah kita dapatkan. Kami membaca materi tentang INSTRUCTIONAL DESIGN – MEDIA, STRATEGIES AND METHODS. Media adalah sebuah alat untuk berkomunikasi dan mentransfer konsep belajar yang kita tujukan untuk orang lain atau siswa. Media adalah sebuat alat yang kita buat, disimpan dan kita transfer ke peserta didik supaya mereka lebih tertarik untuk belajar. Ada 2 jenis media pelatihan dalam program pembelajaran. Yang pertama adalah pengaturan instruksional atau media utama contohnya kita memberi pelatihan ke[ada anak didik kita selama 2 hari. Yang kedua adalah sistem pengiriman dalam media utama. Contohnya di kelas 2 hari kita mengajar menggunakan media seperti ceramah, video, pembinaan, dll.
Kita tidak bisa asal menggunakan sebuah media pembelajaran, karena setiap media pembelajaran belum tentu cocok digunakan di sekolah tertentu. Kita juga harus pintar – pintar memilih media yang cocok digunakan untuk siswa. Jika mendapatkan kendala saat penyampaian media pembelajaran, kita harus cepat tanggap untuk menggunakan media lain yang lebih cocok. Jadi metode pembelajaran biasanya adalah baga dari kumpulan atau keseluruhan strategi. Kita juga harus menggunakan metode evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peserta didik faham dengan materi yang telah kita sampaikan menggunakan sebuah media pembelajaran.
Kita juga perlu menggunakan strategi untuk mengajar siswa. Kita harus mencari informasi tentang minat siawa, tentang materi apa yang disenangi siswa, dan media apa yang biasa digunakan guru kelas untuk mengajar bahasa inggris di kelas. Dan yang paling penting, strategi mengikat baik dalam metode pembelajaran dan media untuk memastikan mereka memenuhi kebutuhan siswa.
Setelah mengkaji materi diatas kita membuat planning, bahan ajar apa yang akan kita peroleh dari guru bahasa inggris di SD Muhammadiyah Karang Tengah. Supaya tercipta sebuah media pembelajaran yang aktif menarik dan menyenangkan untuk siswa.
1. Bagaimana kesan anda dengan sekolah tersebut?
2. Materi pelajaran apa yang akan digunakan?
3. Mengapa memilih materi tersebut?
4. Media apa yang sudah digunakan guru disekolah tersebut?
5. Seberapa jauh persiapan kalian untuk membuat sebuah media pembelajaran?
Setelah kita mendapatkan cerita dari kelompok lain, seanjutnya kita mengkaji materi yang sudah kita dapatkan. Kami membaca materi tentang INSTRUCTIONAL DESIGN – MEDIA, STRATEGIES AND METHODS. Media adalah sebuah alat untuk berkomunikasi dan mentransfer konsep belajar yang kita tujukan untuk orang lain atau siswa. Media adalah sebuat alat yang kita buat, disimpan dan kita transfer ke peserta didik supaya mereka lebih tertarik untuk belajar. Ada 2 jenis media pelatihan dalam program pembelajaran. Yang pertama adalah pengaturan instruksional atau media utama contohnya kita memberi pelatihan ke[ada anak didik kita selama 2 hari. Yang kedua adalah sistem pengiriman dalam media utama. Contohnya di kelas 2 hari kita mengajar menggunakan media seperti ceramah, video, pembinaan, dll.
Kita tidak bisa asal menggunakan sebuah media pembelajaran, karena setiap media pembelajaran belum tentu cocok digunakan di sekolah tertentu. Kita juga harus pintar – pintar memilih media yang cocok digunakan untuk siswa. Jika mendapatkan kendala saat penyampaian media pembelajaran, kita harus cepat tanggap untuk menggunakan media lain yang lebih cocok. Jadi metode pembelajaran biasanya adalah baga dari kumpulan atau keseluruhan strategi. Kita juga harus menggunakan metode evaluasi untuk mengetahui sejauh mana peserta didik faham dengan materi yang telah kita sampaikan menggunakan sebuah media pembelajaran.
Kita juga perlu menggunakan strategi untuk mengajar siswa. Kita harus mencari informasi tentang minat siawa, tentang materi apa yang disenangi siswa, dan media apa yang biasa digunakan guru kelas untuk mengajar bahasa inggris di kelas. Dan yang paling penting, strategi mengikat baik dalam metode pembelajaran dan media untuk memastikan mereka memenuhi kebutuhan siswa.
Setelah mengkaji materi diatas kita membuat planning, bahan ajar apa yang akan kita peroleh dari guru bahasa inggris di SD Muhammadiyah Karang Tengah. Supaya tercipta sebuah media pembelajaran yang aktif menarik dan menyenangkan untuk siswa.
Judul media pembelajaran : CLASSROOM (
Meningkatkan Vocabulary Bahasa Inggris dengan menggunakan media Video Animasi
yang memuat gambar dan suara sesuai dengan materi - materi pembelajarannya )
Jenis : Video
Kelebihan :
-Mengembangkan imajinasi siswa
- Pembelajaran akan menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa.
- Metode mengajar akan lebih bervariasi, sehingga siswa tidak akan mudah bosan dan guru tidak kehabisan tenaga dalam mengajar.
-Menambah kosakata yang dimiliki siswa
- siswa aktif dalam mendengarkan, mengamati, dan melakukan, serta mendemonstrasikan uraian guru.
- Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan praktis, sekalipun pada awalnya kalimat yang diucapkan itu belum dimengerti dan dipahami sepenuhnya.
Kekurangan :
- Belum adanya fasilitas sound di sekolah dan LCD yang disediakan masih sedikit dan jarang digunakan. Karena keterbatasan tempat dan belum semua guru menguasai pemakain LCD.
-Siswa menjadi kurang komunikatif.
Dari hasil wawancara yang telah kami lakukan, di SD Muhammadiyah Karang Tengah sangatlah mendukung dalam segala hal, fasilitas, guru, maupun siswanya, dalam penggunaan media pembelajaran berupa video. Karena pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media berupa video animasi akan menarik perhatian siswa SD yang berisi gambar-gambar dan suara , sehingga hal itu dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa dan akan lebih meningkatkan kosa kata bahasa inggris tersebut.
Media ini sangat cocok untuk kondisi siswa yang :
1. Siswa yang jarang menonton video yang disertai dengan suara
2. Siswa mempunyai fasilitas yang mendukung seperti : LCD dan leptop
Jenis : Video
Kelebihan :
-Mengembangkan imajinasi siswa
- Pembelajaran akan menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa.
- Metode mengajar akan lebih bervariasi, sehingga siswa tidak akan mudah bosan dan guru tidak kehabisan tenaga dalam mengajar.
-Menambah kosakata yang dimiliki siswa
- siswa aktif dalam mendengarkan, mengamati, dan melakukan, serta mendemonstrasikan uraian guru.
- Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan praktis, sekalipun pada awalnya kalimat yang diucapkan itu belum dimengerti dan dipahami sepenuhnya.
Kekurangan :
- Belum adanya fasilitas sound di sekolah dan LCD yang disediakan masih sedikit dan jarang digunakan. Karena keterbatasan tempat dan belum semua guru menguasai pemakain LCD.
-Siswa menjadi kurang komunikatif.
Dari hasil wawancara yang telah kami lakukan, di SD Muhammadiyah Karang Tengah sangatlah mendukung dalam segala hal, fasilitas, guru, maupun siswanya, dalam penggunaan media pembelajaran berupa video. Karena pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media berupa video animasi akan menarik perhatian siswa SD yang berisi gambar-gambar dan suara , sehingga hal itu dapat menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa dan akan lebih meningkatkan kosa kata bahasa inggris tersebut.
Media ini sangat cocok untuk kondisi siswa yang :
1. Siswa yang jarang menonton video yang disertai dengan suara
2. Siswa mempunyai fasilitas yang mendukung seperti : LCD dan leptop
Tidak ada komentar:
Posting Komentar